Film Animasi Studio Ghibli

Suka nonton film animasi nggak? Meski saya udah gede (tua kali๐Ÿ˜› ) gini, masih tetep suka sama yang namanya film animasi, dan saya yakin hal ini juga terjadi pada beberapa orang. Apalagi menggemar manga dan anime, pasti masih suka tuh nonton film animasi 2D.

Akhir akhir ini, saya lagi keranjingan nonton film animasi garapan Studio Ghibli. Bahkan saya berniat untuk memburu semua filmnya. Ini berawal ketika saya iseng-iseng mengcopy film di warnet. Waktu itu udah nggak ada film animasi 3D baru yang bisa saya tonton. Kebanyakan film animasi yang saya tonton adalah 3D, sedangkan untuk pasokan film 2D mengandalkan teman saya yang suka anime (ngerampok maksudnya:mrgreen: ). Nah, di warnet itu ada sebuah film bernama “My Neighbor Totoro”. Saya copy dan saya tonton di kosan waktu itu.ย Eh, nggak disangka-sangka ternyata film ini mampu membuat saya jatuh cintrong dan nggak pernah bosen untuk nonton lagi dan lagi. Sekedar informasi aja, saya ini tipe orang yang males banget nonton film yang sama untuk yang kedua kalinya, apalagi untuk yang ketiga, keempat, kelima…. dts. Pengeculian untuk film yang satu ini! Entah mengapa saya merasa kangen untuk nonton lagi dan lagi.๐Ÿ˜€

Sampai akhirnya saya tergelitik untuk mencari tau, “My Neighbor Totoro” ini garapan siapa sih? Apa ada film amazing lainnya yang seperti ini? Selanjutnya bisa ditebak kan apa yang saya lakukan? Yeah, memburu semua film Studio Ghibli terutama garapan Hayao Miyazaki!๐Ÿ˜€

Serius, semua film Hayao Miyazaki ini bener-bener fantastis, imajinasinya keren dan nggak biasa. Buat saya yang suka banget sama dunia khayal ini bener-bener emejing. Selain itu, yang terpenting dari semuanya adalah pesan-pesan moral yang terkandung di setiap film Studio Ghibli sangatlah positif. Tentang kehidupan, tentang alam, sopan santun, ketekunan dan lain sebagainya. Saya rasa semua anak harus nonton karya Hayao Miyazaki ini.

Sejauh ini, film dari Studio Ghibli yang sudah saya tonton adalah:

1. My Neighbor Totoro

Saya nggak tau, punya takdir apa dengan film ini. Sebelum nonton filmnya, saya pernah memakai tema totoro ini untuk Mozilla firefox. Waktu itu sama sekali nggak tau kalau itu ada filmnya. Habis nonton, barulah inget kalau pernah pakai gambarnya untuk tema firefox:mrgreen: .

Film ini memiliki kesan tersendiri di hati๐Ÿ™‚ . Beberapa pesan yang dapat saya ambil diantaranya kemandirian, ketegaran, keceriaan dan sikap yang baik terhadap yang lebih muda, lebih tua dan yang sebaya, dll.

2. Castle In The Sky

Ini film kereen… Menceritakan tentang petualangan seorang putri dan anak laki-laki bernama Phatsu yang mencari Laputa, sebuah negeri terapung. Salah satu pesannya adalah mengajarkan kita untuk sayang lingkungan.

3. Grave of fireflies

Ini film sedih bangeett๐Ÿ˜ฅ . Cerita tentang kakak adik yang mengalami masa susah di saat jepang lagi perang dunia ke 2. Katanya ini kisah nyata. Film ini sukses bikin saya nggak pengen nonton lagi saking menyedihkannya.

4. Kiki’s Delivery Service

Iniiii baru saya tonton kemarin! Sukaaa banget… Mengisahkan tentang petualangan Kiki si penyihir yang sedang dalam masa training saat umurnya menginjak 13 tahun. Sama seperti My Neighbor Totoro, film ini temanya ceria dan selalu bersemangat!๐Ÿ˜€

5. Princess Mononoke

Ini film keceee banget! banyak action di dalamnya. Keren pokoknya! nggak bisa digambarkan dengan kata-kata. Banyak pesan-pesan moral serta pesan untuk menjaga lingkungan hidup. Wajib tonton!

6. Spirited Away

Film ini termasuk yang amazing! Amazing banget… fantasi yang luar biasa dari Hayao Miyazaki yang selalu bikin saya bertanya-tanya “Kok bisaaa mikir yang beginian…”. Imajinasi yang out of box banget. Keren! Pantes aja kalau film ini masuk dalam daftar film yang paling diminati sepanjang masa.

7. Nausicaa Valley of The Wind

Satu kata buat film ini. KEREN! Pesannya banyak menyampaikan tentang lingkungan. Kita harus menjaga dan tidak boleh merusak lingkungan.๐Ÿ™‚

8. Howl’s Moving Castle

Ini juga favoriiit >_< . Film ini menceritakan tentang Sophie si pembuat topi yang di sihir oleh penyihir jahat menjadi wanita tua berumur 90 tahunan. Untuk menghilangkan kutukan itu ia meminta bantuan pada Howl, penyihir yang memiliki kastil bergerak. Pokoknya ini film kereen, dan saya suka banget tokoh-tokohnya. Film ini bikin saya rela download dan baca novel asli yang ditulis oleh Diana Wynne Jones.๐Ÿ˜€

Itu semua film Studio Ghibli yang sudah saya tonton. Film lainnya masih dalam perburuan:mrgreen: . Sayangnya ada kabar yang menyedihkan, bahwa Studio Ghibli akan ditutup. Karena penjualannya tidak mampu lagi menutupi biaya produksi dan juga Hayao Miyazaki sudah tua. Huhu. Sedih banget… Semoga Studio Ghibli tetap eksis dan terus berkarya.

Sebenernya tulisan ini saya tulis gara-gara nonton video ini… soundtrack dari film-film Studio Ghibli yang Amazing๐Ÿ˜€

2 pemikiran pada “Film Animasi Studio Ghibli

Tinggalkan komentar, kritik dan saran mu di sini Sob... :D

