Tugas Metode Penelitian

Maaf ya teman-teman semua, baru sempat balas koment komentnya…😦

Akhir-akhir ini saya disibukkan dengan tugas-tugas yang tiada akhir. Hew. Banyak banget! Tugas yang paling ribet dan menguras tenaga adalah tugas ini… Tugas dari mata kuliah Metode Penelitian Kesehatan. Tugasnya adalah bikin proposal penelitian, seperti bikin skripsi tapi berkelompok dan lebih simpel karena waktunya terbatas.

Nah, saya ingin cerita sedikit tentang keribetan tugas ini. Haha

Tugas ini dikerjakan sesuai dengan peminatan. Jadi, di Fak. Kesehatan Masyarakat itu ada tujuh peminatan, yaitu : Epidemiologi, Biostatistik dan Kependudukan, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Gizi, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP), dan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK).

Kebetulan saya masuk peminatan Biostatistik dan Kependudukan. Dalam peminatan ini masih ada empat bidang lagi, yaitu: Kesehatan Reproduksi, Sistem Informasi Kesehatan, Kependudukan dan Biostatistik itu sendiri.

Kami sepakat untuk mengambil bidang Kesehatan Reproduksi. Ini adalah judul pertama kami:

GAMBARAN PRESENTASE SEKS PRANIKAH MAHASISWI UNIVERSITAS JEMBER

DENGAN PEMBERIAN INFORMASI TENTANG SEKS PRANIKAH

OLEH ORANG TUA

Judul penelitian saya di atas itu benar-benar kacau banget, kacau sangat! Parah banget!

Kesalahannya adalah:

  1. Pemborosan kata. Sudah ada “Gambaran” masih pake “presentase”
  2. Saya menggunakan judul itu karena saya ingin melakukan penelitian Survei dengan tujuan untuk mendeskripsikan keadaan seks pra-nikah mahasiswa universitas Jember. Tapi, saya menambahkan “pemberian informasi tentang seks pranikah oleh orang tua” dan nantinya ada kesimpulan dari data yang diperoleh. Ini jelas penelitian analitik. (emang saya dodol banget…)
  3. Pokoknya salahnya telak banget!

Kemudian dari hasil diskusi dengan kelompok, judulnya berubah menjadi ini:

PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP KEJADIAN SEKS PRANIKAH MAHASISWA UNIVERSITAS JEMBER

Nah, saya kira ini udah bener ya, soalnya kita udah diskusi panjang banget untuk merubah judul jadi seperti ini. Tapi tiba-tiba saya teringat Mbak Lia dosen Hukum yang baik hati yang juga nge-kost di kosan saya, inilah kebodohan saya yang lain yaitu baru menyadari kalau ada Mbak Lia sebagai tempat bertanya…. OMG!

Akhirnya saya berdiskusi malam-malam sama Mbak lia. Ternyata eh ternyata, judul ini juga banyak salahnya!

  1. Pemborosan kata (lagi-lagi). Udah ada “Pengaruh” tapi masih pake kata “Peran”.
  2. Peran orang tua yang bagaimana? Tidak spesifik.
  3. Kejadian seks pranikah apa itu sebuah istilah baku? Apa ada literaturnya? “Ini kaya kurang pas” kata mbak Lia.
  4. Mahasiswa universitas jember coba lebih dipersempit dan diperjelas lagi.
  5. Judul ini masih ambigu.

Selanjutnya judul saya menjadi seperti ini:

PERAN PENDIDIKAN AGAMA TERHADAP KEJADIAN SEKS PRA-NIKAH MAHASISWI FAKULTAS . . .  UNIVERSITAS JEMBER

Judul ini sebenarnya belum dikonsultasikan, namun setelah tanya sana-sini, banyak yang berpendapat kalau judul ini lebih mengarah pada peminatan PKIP. Akhirnya kami ganti judul lagi.

HUBUNGAN PREVALENSI KOMPLIKASI MATERNAL DENGAN PENGETAHUAN SUAMI TENTANG HAK-HAK REPRODUKSI WANITA DI . . . (loksi penelitian)

Kami sudah mantep banget dengan judul ini! Kami udah kerja keras mengerjakan BAB 1, BAB2 dan BAB3. tapi ternyata eh ternyata, masih ada juga kesalahannya.

  1. Judulnya kebalik. Seharusnya variabel independen dulu (pengetahuan suami tentang hak-hak reproduksi wanita) baru variabel dependennya (prevalensi komlpikasi maternal).
  2. Tidak visible (memungkinkan) untuk dilakukan, karena keterbatasan waktu. Data-data tentang komplikasi maternal itu sulit dicari. Kalau data Nasional masih mungkin didapat, tapi kalau data daerah itu sulit. Padahal data dibutuhkan untuk membuat latar belakang. Yang banyak malah data tentang kematian maternal.

Dengan demikian (heaa)… GANTI JUDUL LAGI…. DARI AWAL LAGI! HEUFHHHH

Akhirnya kami cari yang gampang-gampang aja… setelah baca beberapa jurnal penelitian, Inilah  judul terakhir kami:

HUBUNGAN PENGGUNAAN KB SUNTIK DENGAN SIKLUS HAID PENDEK PADA PESERTA KB SUNTIK DI DUSUN … DESA … KECAMATAN … JEMBER

Kami sudah menyelesaikan BAB 1, BAB 2 dan BAB 3! Semoga nggak ada kesalahan yang telak lagi ya… Dan semoga penelitian ini membawa kami untuk mendapatkan nilai bagus! Amiiin… Doakan yang teman-teman^^

59 pemikiran pada “Tugas Metode Penelitian

    • iyaa… q udah ganti judul malah.. haha
      cari-cari judul untuk skripsi yang bagus, sering baca jurnal internasional aja🙂

      oke.. thanks, semangat juga buat km🙂

  1. Kunjungan perdana di blognya anis
    kunjungan balik ke blogku yah
    hehehe
    itu tugas metpen memang derita tiada akhir apalagi kalau tiap dosen punya presepsi berebeda
    bu X bilang terjun langsung ke masyarakat, BU Y bilang bisa rekayasa, Pak Z bilang bisa terjun langsung bisa rekayasa
    lah bingung khan apalagi revisi satu belum selesai sudah masuk ke sub bab baru😦

    • hauuuffhhh… km mengerti aq banget preenn…
      bisa merasakan kegalauanku.. makasih prend! hehehe

      pasti pren, cepet ato lambat,,, doakan aq bisa punya banyak waktu luang habis ini..😀

    • hahaha… iya dhe!!!😥
      aq stress… kewalahan ngatur jadwal.. hew
      bener2 gk bisa menej waktu dg baik ini…

      hwaaa makasiiiiii Dhe!😥 jd terharuu
      makasih atas cintamu kepadakuw… >,<

Tinggalkan komentar, kritik dan saran mu di sini Sob... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s