Touring sehari!

Tadaaa…. akhirnya sampai juga di puncak “kawah ijen!!^^ nggak cuma itu, saya juga mengunjungi ‘kali pahit, ‘kawah wurung’ dan ‘vila Belanda’

Minggu, tanggal 4 September 2011.
Nggak ada rencana atau persiapan untuk touring sehari ini. Awalnya saya mau pergi arisan keluarga, eh,, pas lihat keributan (siap-siap mau ke Ijen) di rumah tetangga, jadi geregetan deh pengen ikut juga! Akhirnya tanpa persiapan apapun (termasuk kebersihan diri alias “nggak mandi”) cuma bawa tas yang isinya satu baju ganti, saya dan rombongan berangkat jam setengah enam pagi. Handphone ketinggalan, nggak bawa makan ato cemilan… dadakan banget pokonya…

Sebelumnya saya sudah pernah ke daerah Ijen bersama teman-teman SMA. Bukan ke Kawah Ijennya sih, tapi ke Blawan. Tetnggaan sama kawah Ijen. Ini dia foto-foto waktu itu.

itu kebun strawbery, sayangnya kita nggak bisa masuk karena hari libur.😦

yang ini di gua, entah gua apa namanya. Jalan ke guanya itu lumayan curam dan licin.

keren kan Air terjun Damarwulan?! Airnya itu hangat, bias-bias uap dan tetesan airnya menghasilkan pelangi. Itu hasil jepretan kita sendiri lho^^

yang bikin nggak pengen balik lagi ke sana itu Jalannya yang rusak parah! Ampun dah… naek motor serasa naek kuda lumping!! lihat tuh, motor saya diangkut gara-gara bannya pecah. Waktu itu sampe sumpah-sumpah nggak bakalan balik lagi ke sana! Lah ternyata, balik juga….
Ini berat untuk adikku (cowok 15 yo) yang baru pertama kali menempuh jalan ini… apalagi waktu itu debunya tebel banget. Batu-batu tajam dan rapuh di tutupi debu. Semua pada kesulitan melewati jalan ini, ada yang bannya nyangkut, jadi muter di tempat, ada yang tiba-tiba berhenti terus miring-miring mau jatoh, kalo saya bukannya miring-miring mau jatoh lagi, tapi udah jatoh! Akhirnya adik saya menyerah, saya mengambil alih kendali… (sayang waktu lagi keren-kerennya nyetir nggak ada yang nge-rekam…:D )

Sebelum ke kawah ijen kami mampir dulu di kali pahit. Wahh! kalo pertama kali lihat ini serasa di luar negeri!

Sampai di pos pertama saya dan robongan ngisi perut dulu. Setelah itu langsung cus naik-naik ke puncak Ijen:mrgreen:

Foto sama bapak pengangkut belerang! imbalannya beli belerang bentuk kura-kura lima ribu rupiah dapet dua… 

Perjalanan ke puncak berat banget bagi saya waktu itu, capek banget serasa mau mati di sana! (lebay). Tapi beneran deh, mungkin kerena udah lama nggak hiking. Waktu itu banyak turis-turis juga… mereka yang udah perjalanan turun memberi semangat pada kami, meskipun ngasih semangatnya menyesatkan… setiap ditanya “masih jauh nggak mas?” mereka selalu menjawab “Udah deket kok! satu belokan and satu tanjakan lagi...”.. dan ternyata satu belokan dan tanjakannya berkali-kali.

Tapi semua itu terbayar setelah sampai puncak… so beautiful! meski bau belerang menyengat.

Moment yang paling indah buat saya adalah, waktu kabutnya menyingkir seakan mempersilahkan saya untuk melihat pemandangan yang wonderful!

setelah puas menikmati kawah ijen, kami turun dan melanjutkan perjalanan ke Kawah Wurung. Katanya, kawah ini dulunya adalah kawah yang sudah mati dan rencananya mau dibikin kilang minyak. Tapi gagal menjadi kilang minyak, makanya dinamakan “Kawah Wurung”. Wurung artinya gagal / tidak jadi. Keren banget pasti kalo kalian lihat secara langsung. Kawah ini seperti danau mati yang luas banget. Kawah wurung seperti mengandung banyak misteri karena tak terjamah. Di seberang tempat kami menikmati pemandangan ini ada pegunungan, namanya ‘gunung roti’. warnya putih, sepertinya itu adalah hamparan rumput yang mengering. Sayang fotonya tertutup kabut, jadi gunung rotinya nggak kelihatan. Gunung yang berwarna putih itu kontras banget sama gunung-gunung yang berwarna hijau di sekelilingnya. Keren banget pokoknya!

oya, sebelum sampai di kawah wurung itu kami melewati kebun kubis yang luaass dengan ditumbuhi rumput liar yang banyaak.. rumput liarnya berbunga kecil-kecil berwarna putih. karena sangat banyak memenuhi kebun kubis, jadi terlihat seperti padang bunga!! keren kan?!

Perjalanan dilanjutkan ke vila Belanda. Tamannya baguus banget! Bunga-bunganya seperti kertas… jarang ada yang cacat^^

 

Akhirnya… Kami pulang jam 6 sore. Sampai di rumah jam 10 malam karena ada insiden yang biasa terjadi “ban pecah”…
kalau ke sana persiapkan motormu dengan baik, pake motor yang kuat naik tanjakan dan tahan banting! kalo bisa bawa orang yang hafal betul daerah sana biar nggak kesasar dan bisa lewat jalan yang tidak terlalu berbahaya… (nggak bisa bilang ‘tidak berbahaya’.:mrgreen: )
Oya, kata penduduk sana, kalau bajunya atau tasmu bau belerang sehabis turun dari kawah ijen, jangan langsung di cuci! karena baunya nggak bakal ilang meski derendam berhari-hari. Di jemur terlebih dahulu selama satu hari, baru kemudian di cuci.😀

12 pemikiran pada “Touring sehari!

  1. saya sudah berulang kali ke kawah ijen,saya akui pemandangan disana tidak pernah bikin bosan,apalagi pas pertama kali saya kesana di tahun 1993 wuih..hutannya demikian lebat sampai mobil kami saat melintasi jalan selalu diselingi kelokan menghindari ranting2 pepohonan besar menjulur dari atas,,,tapi terus terang saya paling kagum dengan pesona kawah wurung..saya baru mencapainya pas tanggal 8 juni 2013 lalu,luar biasa sampai istri saya terkagum kagum ngeliat deretan bukit menjulang dengan hamparan savananya..sejuk diselingi semilirnya angin berhembus pelan bersama kabut tipis..asyik buanget aku teguk sekaleng nescafe dan hisap rokok djisamsoe magnum..dan yang paling berkesan saat aku sholat dilereng bukit itu beralas rerumputan serasa begitu dekatnya dengan sang pencipta..suegeer dan duamaiii buangeett!!!!

  2. mau tanya mbak..tuh kawah ijennya lewat mana yah mbak?? arah banyuwangi atau bondowoso? naik ke kawahnya jam berapa supaya bisa lihat sunrinse di kawah?

    • saya ksana jam 05.30 WIB lewat bondowoso…
      kalo mau bisa lihat sunrise mending bermalam aja disana, banyak kok turis yang bermalam disana, tapi sayang saya nggak bisa kasih info brp hrga penginapan atau yang lainnya, soalnya sy nggak pernah bermalam. tapi yang saya lihat ada yang bawa tenda seperti camping gitu… terus pagi-paginya naik deh…
      dari bawah ke atas ijen 3 kilo, jadi kalo mau lihat sunrise harus pagi-pagi buta… jam 4 mungkin

    • iyaa! pokoknya seru banget dah!
      kalo km yang suka tantangan, kesana aja…
      saya nggak ahli dalam promosi, soalnya nggak cepet hafal jalan,,, so, nggak bisa kasih info yang lengkap. hehehe

    • Hi Mr.G, I’m sorry for late replay >,<
      My English is not good, I hope you can understand^^
      Kawah wurung is crater died. It isn’t active. From information that I heard, previously, kawah wurung would made a refinery but it canceled. So, it like a lake that very large with no water, just grass and I don’t know what kind of soil that the grass can life in there. I think that’s mysterious crater. and you also can enjoy "Gunung Roti" at across "Kawah Wurung". its peak has diferent colour from the other, it's white and the other are green, so, that's very contrast. it look like there is dry grassland in there.
      that was my first time to visited kawah wurung. I went there by motorcycle with my friend, and the guide is the native who live in there. kawah wurung is place that just few people explore that. so, I don't know so well. the location of kawah wurung is between kawah ijen and dutch heritage villa.
      I went to kawah wurung after I visited Kawah Ijen. the access to there is rather difficult. Kawah ijen is the main of view that tourist want to see. there are a lot of information about Kawah ijen in other website. the one of the wesites is
      http://www.kawahijen.com
      and then, after you arrive at kawah ijen, you can ask native people to take you to kawah wurung.^^

Tinggalkan komentar, kritik dan saran mu di sini Sob... :D

