Olahraga Favorit (Skipping)

Ini dia olahraga favorit saya! Skipping atau lebih dikenal dengan lompat tali. Pertama kali saya jatuh cinta pada olahraga ini adalah ketika saya menonton Drama Korea berjudul Deam High. Di film itu ada tokoh bernama Kim Pil Suk yang diperankan oleh IU. Awalnya dia adalah anak yang gendut, kemudian melakukan diet keras dengan mengurangi makan dan olahraga skipping setiap malam. Nah, melihat Kim Pil Suk itu saya jadi tertarik untuk mencoba bermain lompat tali juga. Kebetulan, di rumah ada skipping (punya adek saya sih) yang jarang dipakai. Saya bawa saja ke kosan dan mulai belajar bermain skipping.

Sebenarnya sudah tau cara mainnya, tapi gaya lompatnya itu masih terkesan kaya anak main lompat tali pake karet gelang, bukan seperti Kim Pil Suk yang permainannya cepat dengan kaki yang sedikit menekuk saat melakukan lompatan dan juga terlihat ringan saat menapakkan kaki ke tanah.

Saat joging bersama teman-teman C59, saya bawa tuh skipping-nya. Ternyata, mereka jago maennya! Ada yang bisa lompat sambil talinya disilangkan, ada yang bisa lompat dengan putaran tali terbalik dan ada juga yang bisa memutar tali sebanyak dua kali selama satu kali lompatan. Akhirnya setiap joging saya belajar pada mereka. Sering juga kami lomba memecahkan rekor lompatan terbanyak tanpa henti. Hingga sekarang, rekor saya adalah 260 lompatan tanpa henti😀

Pertama kali mencoba olahraga skipping, badan berasa remuk redam, terutama kaki. Jadi disarankan untuk tidak lupa melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum bermain. Buat kamu (termasuk saya) yang punya banyak lemak di sana sini, olahraga ini sangat ampuh membakar lemak. Sudah saya cari informasi dimana-mana, dan memang olahraga skipping lah yang bisa membakar lemak lebih banyak daripada olahraga ringan lainnya. Coba baca informasi lengkapnya di sini dan di sini.

Saya suka olahraga ini karena sederhana, murah, dan bisa dilakukan di dalam rumah sambil nonton TV. Selain itu skipping juga membawa saya bertemu dengan orang-orang baru.

Jadi ceritanya, dulu waktu kuliah, saya dan sahabat saya suka joging bareng setiap hari sabtu pagi, di alun-alun kota Jember. Setiap jogging saya selalu membawa skipping. Biasanya saya pakai setelah selesai jogging. Ada seorang laki-laki paruh baya yang selalu memperhatikan kami saat bermain skipping. Dia biasanya lewat mondar mandir dengan sepeda gunungnya. Suatu saat, dia berhenti dan melihat permainan kami lebih dekat. Karena jelas sekali sedang memperhatikan kami, akhirnya saya menawari bapak itu untuk ikut bermain.

“Mau coba pak?” kata saya.

“Silahkan silahkan, saya Cuma suka aja lihat permainan kalian..” katanya

“Nggak apa-apa kok pak kalau mau dicoba…” kata saya lagi sambil menyodorkan talinya.

Akhirnya bapak itu mau dan mulai bermain. Dan ternyataaa….. Super keren maen skippingnya! Cepet banget dengan berbagai gaya. Kita jadi mangap-mangap aja disuguhin permainan yang emejing. Setelah selesai bermain bapak itu nawarin kita.

“Gimana kalau kita bikin komunitas skipping? Saya suka juga soalnya main skipping, kita main bareng-bareng setiap sabtu di sini. Tuh, banyak yang bawa juga, kita ajakin..” kata bapak itu.

Saya dan sahabat ya seneng banget diajakin begitu. Akhirnya setiap sabtu kami selalu bertemu, bertegur sapa dan olahraga bersama. Kami juga dikenalkan dengan teman-teman lainnya yang rutin olahraga di sana.

Dari informasi yang saya dengar, ternyata bapak itu memang rajin olahraga. Katanya dia biasa main lompat tali 1000 kali dan setiap hari jogging mengelilingi alun-alun. Khusus untuk hari minggu, keliling alun-alunnya 40 putaran. Wuiiiih, pantes badannya atletis dan berotot.

Yah, sejak saat itulah kecintaan saya terhadap skipping terus bertambah. Saya biasa melakukan olahraga ini 2 kali seminggu (kalau nggak males) dengan durasi 30 menit tanpa henti. Lumayan bermandikan keringat lho…😀

Buat kamu yang ingin mencoba, jangan lupa pemanasan sebelumnya dan pendinginan setelahnya ya…😀

10 pemikiran pada “Olahraga Favorit (Skipping)

  1. dulu aku suka skipping waktu kecil..sering ngadu ama kakakku..suka skipping gara2 ada tetangga, dia pemain tinju..nah itu main skippingnya jago banget…satu lompatan bisa berapa putaran tali..terus kayak di main2kan gitu talinya, ganti2an antara kaki kiri doang, terus kaki kanan doang..

    adu skipping yuk ?😀 #belaguyaaku hehe

  2. itu bapak2nya kaya herkules.. kliling alun2 40x ditambah skiping 1000x. kalo aku sih cuma 200x pake dua kaki, 100x cuma dengan kaki kanan terus 100x cuma dengan kaki kiri. hahaha..

Tinggalkan komentar, kritik dan saran mu di sini Sob... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s