Lebaran Sebentar Lagi!

Lebaran sebentar lagi, yang artinya Ramadhan akan segera berlalu. Ada rasa menyesal, sedih, seneng, takut, semua campur aduk jadi satu. Menyesal karena ternyata, Ramadhan ini pun tidak bisa memaksimalkan ibadah. Sedih, seakan tak ada lagi bulan yang se-suci dan se-penuh berkah seperti bulan Ramadhan. Seneng, karena mau lebaran (berharap salam tempel, bertemu banyak saudara, maap-maapan, dan mulai dari nol lagi) dan takut, takut tidak bisa bertemu dengan Ramadhan lagi.😦

Kalau Ramadhan berlalu, akan ada satu rindu yang hilang. Apa itu? Rindu adzan maghrib. Haha. Iya kan? Adzan maghrib yang biasanya ditunggu-tunggu jadi berasa biasa aja kalau bukan bulan Ramadhan. Mungkin untuk warga Bondowoso, bukan adzan magrib yang dirindukan, tapi suara sirine. Jadi, di Bondowoso ada suara sirine yang menandakan sudah boleh berbuka puasa, baru setelah itu azan magrib. Suara sirine itu sama fungsinya dengan bedug di masjid. Imsak pun pakai sirine, kalau suara sirine di radio-radio sudah berbunyi artinya kita harus mengentikan semua kegiatan makan dan minum.

Biasanya, hari pertama lebaran, berasa masih bulan puasa aja. Mau makan atau minum sesuatu, inget “eh kan puasa ya… Eh engga deng, udah lebaran.” beberapa menit kemudian langsung dilahap semua yang ada di atas meja. Haha. Beberapa hari di bulan Syawal pasti kita makan macem-macem makanan. Mau nggak mau biasanya iya, karena di setiap rumah yang kita kunjungi pasti disuguhi kue-kue dan minum-minuman. Tiap pulang silaturahmi, perut kekenyangan. Pengen puasa syawal, tapi godaannya… Masya Allah…

Seperti sekarang ini, saya dan ibu sudah berencana puasa syawal. Eeeh ternyata tamu bulanan datang menghampiri. Ibu sih enggak, tapi kemarin tiba-tiba ngomong gini “Lebaran besok, bibi “ini” dan bibi “itu” mau ke sini, nginep pula, masa iya tuan rumahnya puasa. Kan ngga enak ya nis…”. Alamat deh batal puasa Syawal.

Yah, pokoknya lebaran sebentar lagi dan Ramadan akan segera berlalu. Jangan sia-siakan kesempatan ini ya gaes… Semoga masih diberi kesempatan untuk beribadah maksimal. Seperti malam ini, malam ke 27, masih ada kesempatan berburu malam Lailatul Qadar. Semoga kita selalu diberi kesehatan sampai lebaran nanti dan sampai bertemu Ramadhan berikutnya.🙂

3 pemikiran pada “Lebaran Sebentar Lagi!

Tinggalkan komentar, kritik dan saran mu di sini Sob... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s