Harapan

r45_24752201

Harapan adalah suatu impian atau mimpi yang sepertinya akan menyenangkan bila suatu saat benar-benar terwujud. Kadang, harapan itu muncul begitu kuat seperti kenyataan. Seakan-akan apa yang kita inginkan benar akan terjadi. Namun sering kali, harapan yang kita anggap nyata itu berubah wujud menjadi tangga yang amat jauuuh dan tinggi, hingga kita tak dapat mencapai ujungnya. Lalu kita akan menjadi sangat kecewa, terpuruk, atau bahkan putus asa.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan harapan itu. Kita yang berharap tak pernah salah. Kita boleh memiliki harapan setinggi langit, kita boleh memimpikan hal-hal yang tak mungkin. Orang yang berharap memiliki semangat, orang yang berharap memiliki keteguhan jiwa, orang yang berharap memiliki motivasi.

Saya termasuk orang yang sering berharap, tapi pada akhirnya mengalami kekecewaan yang mendalam. Sampai akhirnya kini saya mengerti, apa yang menyebabkan harapan itu menjadi sesuatu yang menyakitkan. Itu semua karena saya salah menggantungkan harapan. Ya, saya selalu salah tempat menggantungkannya.

terbersit rasa syukur, karena tanpa melalui proses yang menyakitkan sebelumnya, apakah saya bisa mengerti dan memahami bahwa saya telah salah? Bukan harapannya yang salah, tapi sekali lagi saya yang salah menggantungkannya.

Saya dengan bodoh mengharap kepada sesama makhluk-Nya yang (bisa jadi) juga salah menggantungkan harapan. Saya benar-benar tidak menyadari bahwa ada Dzat yang mampu mengubah semua yag tidak mungkin menjadi mungkin.

Ada Dzat yang yang mengatur semua yang ada di langit dan di bumi. Semua detail, bahkan daun kering pun tak akan jatuh atas perintah-Nya. Jadi sudah cukup jelas kebodohan saya.

Kebodohan yang berdampak pada munculnya kebodohan lainnya. Karena saya salah menggantungkan harapan, usaha yang saya lakukan pun salah. Semua usaha dilakukan demi dia bukan Dia. Bila merasakan kecewa nantinya yang saya salahkan Dia bukan dia. Padahal siapa sih yang berkuasa di dunia ini? Siapa yang Maha Tau? Siapa yang Maha Benar?

Satu pemikiran pada “Harapan

Tinggalkan komentar, kritik dan saran mu di sini Sob... :D

