Degan dan Kelapa Muda

13436269281834245650Sore ini saya ditugaskan ibu untuk membungkusi es lilin kacang hijau di dapur. Ada adek saya juga di sana, sedang membersihkan ikan hasil tangkapannya ( habis mancing di sungai). Sambil membungkusi es lilin, iseng-iseng saya nyanyi salah satu lagu sunda. Kira-kira begini lagunya, Ehem Ehem…. “Es lilin mah cece, kalapa muda….” (hujan guntur badai gempa):mrgreen:

Ibu saya yang lagi beres-beres dapur langsung nyeletuk “Tuh, kalau di jawa barat namanya kelapa muda, ngga ada yang namanya degan.” Ibu saya kebetulan orang Jawa Barat.

Adek saya juga ikutan nimbrung. Dia cerita pengalamannya bersama dengan tukang es waktu ke rumah tante di Depok. Kira-kira seperti ini percakapannya:

Adek : Pak, es degannya dua (bareng ayah saya)

Tukang Es : Es degannya ga ada, adanya es kelapa muda… (dengan wajah polos)

Ayah : Ngga ada dek es degannya… (memperjelas kata-kata tukang es)

Adek: Ya udah Pak, es kelapa muda aja.

Cerita itu entah kenapa bikin saya ketawa ngakak ga berenti-berenti. Membayangkan, tukang es yang emang ga tau bedanya es degan dengan es kelapa muda dan membayangkan ayah sama adek saya yang sok-sok ga tau kalau degan dan kelapa muda itu sebenernya sama. Dasar, emang dua lelaki di rumah saya ini pada konyol.

Segitu aja ceritanya, kalau memang ngga lucu buat kalian, itu hal biasa. Karena memang yang ga biasa itu saya. wkwkwk

15 pemikiran pada “Degan dan Kelapa Muda

  1. Kudu banyak banyak belajar bahasa nih sebelum hijrah ke negeri orang.
    Fix. Ceritanya biasa sih. Tapi yang nyerita, bikin ceritanya nggak biasa😀

Tinggalkan komentar, kritik dan saran mu di sini Sob... :D

