Magang Mandiri

Ini adalah pengalaman pertamaku ikut magang mandiri…

Setelah survei, minta persetujuan dan surat ijin akhirnya aku dan tiga orang temanku magang di sebuah Puskesmas.

Saat aku nulis postingan ini umur magangku baru berjalan lima hari…. Tapi sudah banyak pengalaman lucu dan unik dalam magang mandiriku ini. ^^

Pengalaman 1

Pertama kali masuk aku dan seorang temanku di tempatkan di Ruang Pengobatan/ Bimbingan Konseling, di sana ada dua orang perawat yang bertugas, yang satu laki-laki dan yang seorang lagi perempuan. Saat pasien datang kami melihat bagaimana perawat-perawat itu berkomunikasi dengan pasien. Menurutku pasien yang datang ke sana unik-unik! Haha…

Ada kakek-kakek kira-kira umur 70+  yang mau periksa bibirnya yang luka. Pas ditanyain:

Perawat: Kenapa Pak?

Pasien: Ini bibir saya luka, jadi pas makan itu sakit rasanya..

Perawat: Ooo…  Pa… (Belom sempet nanya lang laen)

Pasien:  Saya kan terapi, kemarin saya terapi Jantung terus sama dokter -Tiit- disuruh… bla bla bla… Emang dokter itu suka goda saya… Bla-bla bla… Terus itu lagi Dokter -teett- pas saya terapi kaki bla bla bla…

(Penonton Cuma bisa dengerin sambil nyari-nyari omongan yang ada kaitannya sama bibirnya yang luka… lol)

Perawat yang udah ngerasa kalo kakek ini nggak ada keluhan yang membahayakan dan udah nggak dapet clue dari ceritanya langsung menulis resep sambil terus ngangguk-ngangguk (seolah2 ngerespon cerita si Kakek) dan menyuruhnya menebus di apotek… Keluarlah kakek itu…

Beberapa menit kemudian kakek itu balik lagi, tanya apoteknya di mana…?

Beberapa menit kemudian Kakek itu balik lagi… Tanya kapan poli gigi buka dan kapan liburnya…?

Beberapa menit kemudian kakek itu numpang lewat…

Akhirnya pulang… Haahhah

Ada lagi Ibu-ibu yang pas diperiksa curcol tentang anaknya yang nggak pulang-pulang (Untung bukan bapaknya bu! Ntar Jadi kaya Bang Toyib! lol)

Pengalaman 2

Setelah itu kita di tempatkan di meja penulisan data registrasi dan surat rujukan. Di sana kita diajari gimana cara masukin data dan membuat surat rujukan…

Orang-orang di puskesmas ini semuanya baik-baik, ramah-ramah dan tidak sombong… Hehe

Semuanya membantu… Pas rame-ramenya pasien nih, yang bantu kita sampe tiga orang! Dua perawat dan seorang senior (nggak tau jabatannya apa. Hehe). Pegawai, dokter atau bidan yang lewat meja kita selalu tersenyum, menyapa dan kenalan (kalo belum kenalan)

Pas baru-barunya nih, aku gerogi banget! Maklum lah, newbi… Hehe. Ada yang lupa nggak tak tulis nama dan tanggal lahirnya (Padahal itu yang penting…hihi), ada yang nyetempel stempel kepala puskesmasnya kebalik (Dari sini aku baru tau kalo setempel itu ada tanda benjol di pegangannya biar nggak kebalik. Hahaha)

Hari ke dua udah mulai biasa, tapi ya masih suka di temeni sama perawatnya kalo mau menentukan diagnosa…

Hari ke tiga aku disuruh menanyakan keluhannya, jadi perawat mendiagnosa dari hasil laporanku…

Dari komunikasi dengan orang-orang ini aku merasa dunia semakin luas… Aku jadi tau bagaimana rasanya menjadi pelayan masyarakat. Beda banget sama sekedar teori-teori yang diberikan di kampus…

Rasanya seneng banget saat orang-orang itu  bertanya dan membutuhkan kita, saat orang-orang itu membalas senyum kita, saat orang-orang itu menjelaskan keluhannya untuk mendapatkan solusi dari kita, dan saat orang-orang itu pergi tanpa lupa mengucapkan terimakasih…

Aku benar-benar beruntung bisa mendapatkan pengalaman ini…

Alhamdulillahirobbil’alamin^^

Categories: lecture, Moment-Moment, Pengalaman | Tags: , | 1 Komentar

Navigasi tulisan

Satu gagasan untuk “Magang Mandiri

  1. ibu-ibu pkk ki ngapain di puskesmas nis, hahaha…

Tinggalkan komentar, kritik dan saran mu di sini Sob... :D

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

